Jakarta (Pinmas) —- Dirjen Bimas Islam Machasin telah menerbitkan Instruksi Dirjen Bimas Islam tentang Pengangkatan Petugas Pembantu Pencatat Nikah atau yang dikenal dengan P3N. Namun demikian, instruksi yang dikeluarkan pada Senin (26/01) lalu ini dikhususkan untuk pengangkatan P3N di daerah pedalaman, pegunungan, perbatasan, dan atau kepulauan.

Instruksi No DJ II/1/2015 ini ditujukan kepada para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia dan antara lain mengatur bahwa pengangkatan P3N dilakukan secara selektif dan hanya diperuntukan bagi KUA yang masuk dalam tipologi D1 (daerah pedalaman dan pegunungan) dan D2 (daerah perbatasan dan kepulauan). Tipologi KUA ini ditetapkan oleh masing-masing Kakanwil Kemenag Provinsi.

Selain itu, pengangkatan juga didasarkan pada kebutuhan karena memang tidak bisa dijangkau oleh Petugas Pencatat Nikah dan terbatasnya SDM dibanding luas wilayah. Info selengkapnya terkait Instruksi ini, sila lihat: http://bimasislam.kemenag.go.id/post/info-penting/instruksi-dirjen-bimas-islam-nomor-djii-1-tahun-2015-tentang-pengangkatan-p3n.

Tipologi KUA diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No 46 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) atas Biaya Nikah dan Rujuk di luar KUA Kecamatan yang ditandatangani Menag Lukman Hakim Saifuddin pada 13 Agustus 2014 lalu. PMA ini mengatur bahwa klasifikasi KUA Kecamatan ditentukan menurut jumlah peristiwa nikah dan rujuk per bulan, dan kondisi geografis keberadaan KUA Kecamatan.

KUA bertipologi A adalah KUA yang jumlah nikah dan rujuknya di atas 100 peristiwa per bulan. Untuk tipologi B, jumlah nikah dan rujuk antara 51 sampai dengan 100 peristiwa per bulan. Sedangkan tipologi C adalah KUA dengan jumlah nikah dan rujuk di bawah 50 peristiwa per bulan.

Selain itu, ada juga KUA tipologi D1, yaitu KUA Kecamatan yang secara geografis berada di daerah terluar, terdalam, dan di daerah perbatasan daratan. Ada juga tipologi D2, yaitu KUA Kecamatan yang secara geografis berada di daerah terluar, terdalam, dan daerah perbatasan kepulauan. (mkd/mkd)